PERAN APLIKASI SITU OK DALAM MEWUJUDKAN E-GOVERNMENT DI BIRO UMUM DAN PROTOKOL PROVINSI BALI
DOI:
https://doi.org/10.56015/gjikplp.v10i2.110Keywords:
Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, E-Goverment, SITU OK, Sekretariat DaerahAbstract
Di era globalisasi seperti sekarang ini, teknologi tidak hanya digunakan oleh individu atau kelompok untuk berinteraksi satu sama lain. Namun, telah berkembang menjadi penggunaan teknologi oleh pemerintah. Salah satu bentuk praktik good governance di bidang pelayanan publik adalah e-Government atau yang dikenal dengan sebutan "electronic government". Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan SITU OK (Sistem Informasi Tata Usaha dan Optimalisasi Kinerja) dapat ditingkatkan dalam mewujudkan konsep E-Government di Biro Umum dan Protokol Provinsi Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di lakukan pada Biro Umum dan Protokol Pemerintahan Provinsi Bali dengan informan sebanyak lima orang yang merupakan staff Biro Umum dan Protokol yang diambil dengan Teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data dengan triangulasi hingga penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa, meskipun aplikasi ini telah digunakan dengan baik, namun terdapat beberapa tantangan untuk mengoptimalkan perannya dalam konteks E-Government. Untuk meningkatkan peran aplikasi dalam mewujudkan E-Government, penelitian ini merekomendasikan langkah-langkah strategis seperti penyuluhan dan pelatihan bagi pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Biro Umum dan Protokol Provinsi Bali menjadi pemerintahan yang lebih responsif dan efisien.
References
Alfayn, M. (2022). From e-government to good governance: examining the impact of digitalization on public service delivery in indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 4(2), 19-40. https://doi.org/10.21580/jpw.v4i2.14873
Amdar, R. (2023). Implementasi e- government (aplikasi sentuh tanahku) dalam meningkatkan kualitas informasi pelayanan sertifikat tanah pada kantor pertanahan kota kendari. Pamarenda Public Administration and Government Journal, 2(3), 285. https://doi.org/10.52423/pamarenda.v2i3.31260
Darma, D., Maria, S., & Wijayanti, T. (2021). Kinerja aparatur dalam memediasi kreativitas dan inovasi terhadap keberhasilan penerapan e-kelurahan. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 401. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.4004
Juliarso, A. (2019). Analisis implementasi e-government dalam meningkatan kinerja pelayanan publik pada pemerintah daerah kabupaten ciamis. Kebijakan Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 10. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1417
Michael Huberman, M. B. M. (2014). Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. terj. Tjejep Kohendi. UI Press.
Purba, D. (2021). Penyimpanan digital dan dokumen online berbasis teknologi informasi untuk mendukung kegiatan administrasi pemerintahan desa baja dolok kecamatan sipispis. Ulead Jurnal E-Pengabdian, 33-37. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1358
Purba, D., Simamora, M., & Gulo, P. (2022). Penggunaan aplikasi sistem evaluasi perencanaan pembangunan (sepp) pada dinas perencanaan penelitian dan pembangunan kabupaten padang lawas utara.. Ulead Jurnal E-Pengabdian, 48-52. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1679
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparto, D. and Habibullah, A. (2021). Efektivitas penggunaan sosial media twitter dalam penyebaran informasi dalam pelayanan publik. Indonesian Governance Journal Kajian Politik-Pemerintahan, 4(2), 161-172. https://doi.org/10.24905/igj.v4i2.1927
Wijaya, J. (2021). Governance dalam pelaksanaan e-government di indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 3(2). https://doi.org/10.21580/jpw.v3i2.12127
Wahyuni, D. (2022). Analisis tingkat penerimaan e-procurement di pemerintahan provinsi jawa barat menggunakan technology acceptance model. Bandung Conference Series Economics Studies, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcses.v2i2.4637