KUALITAS PELAYANAN PROGRAM KAWENG MASSAL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.56015/gjikplp.v12i1.507Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan program “Kaweng Massal” dalam meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan akta perkawinan di Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil Kota Manado. Program “Kaweng Massal” ini bagian dari Capil PDKT yang merupakan program jemput bola dimana Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado berinisiatif untuk turun langsung memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Kaweng sendiri dalam Bahasa Manado berarti menikah, sedangkan Massal artinya mengikutsertakan orang dalam jumlah yang banyak. Data diperoleh melalui wawancara dari berbagai latar belakang yakni pegawai dinas Dukcapil Kota Manado, Tokoh Agama dan Masyarakat peserta kawweng massal, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Program Kaweng Massal di Kota Manado dari aspek daya tanggap atau Responsivitas, responsibilitas atau tanggungjawab dan akuntabilitas dapat dikatakan cukup baik. Pelayanan program nikah massal menunjukkan tingkat daya tanggap yang cukup baik, di mana petugas memberikan informasi dan bantuan secara cepat kepada calon peserta. Secara Lembaga terjadi peningkatan dari tahun 2023 ke 2024 terkait pencatatan perkawinan dan peningkatan jumlah peserta program kaweng massal di Kota Manado
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kaweng Massal, Kota Manado.