PROFESIONALISME KERJA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DESA BARINGIN KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.56015/gjikplp.v12i1.529Keywords:
Profesionalisme kerja, Kualitas pelayanan publikAbstract
Miranda, 2025. Work Professionalism on Improving the Quality of Public Services in Baringin Village, Maiwa District,Enrekang Regency,supervised by Mr. Muhammad Ikbal and Mrs. Hardianti.
This study aims to determine professionalism and the quality of public services in Baringin Village, and the influence of work professionalism on improving the quality of public services in Baringin Village. This study used a quantitative descriptive approach with 72 sumber datats using a random sampling technique.
Data were collected through observation, questionnaires, and literature review, then analyzed using IBM SPSS Statistics 21.0. The results of the study indicate that work professionalism at the Baringin Village Office is categorized as good, with the following percentages: a) Ability 67.2%, b) Quality 63.8%, c) Facilities 59.4%, d) Infrastructure 65.2%, e) Human resources 61.2%, f) Technology 63.6%, g) Reliability 62.2%. Meanwhile, service quality at the Baringin Village Office is categorized as quite good, with the following percentages: a) Physical evidence 65.4%, b) Reliability 60.2%, c) Responsiveness 59.4%, d) Assurance 61.8%, e) Empathy 56.6%. Based on the results of the simple linear regression test, the F-value > F-table (6.485 > 0.227), so it can be concluded that work professionalism has quite an influence on the quality of public services in Baringin Village, Maiwa District, Enrekang Regency.
Keywords: Work professionalism, Service quality
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2).
Ambia, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat Kecamatan Medan Perjuangan. Publik Reform Undhar Medan, 1, 214–262.
Amin, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Pemerintahan. Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis.
Aminullah, A. (2018). Profesionalisme dan Kualitas Pelayanan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 87–103. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.49
Andriyani, Y. (2016). Profesionalisme kerja pegawai dalam penyelenggaraan administrasi pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Administrasi Negara, 4(1), 2320–2333.
Aria Mulyapradana, S.Psi., M., & Lazulfa, A. I. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT . BAM. Institusi Politeknik Ganseha Medan, 1, 14–24. https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/download/86/51
Ikbal, M., Syarifuddin, H., & Saifullah. (2019). Pengaruh Profesionalisme Kerja Aparat Terhadap Kualitas Kerja Di Kantor Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Moderat, 5(1), 16–31.
Maksum, M., Edward, E., & Indrawijaya, S. (2022). Pengaruh Profesionalisme Kerja , Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non Medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi. Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 151–162.
Marlianti, M. (2017). Studi Tentang Profesionalisme Aparatur Dalam Pelaksanaan Good Governance Di Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 155. https://doi.org/10.30872/jp.v2i1.350
Monintja, V. L., Sambiran, S., & Mantiri, M. S. (2008). Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Studi di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.
Panjaitan, R. S., Siregar, H. N., Dalimunte, N., Pembinaan, U., Indonesia, M., Kerja, L., & Kerja, S. (2024). Pengaruh profesionalisme kerja terhadap kualitas pelayanan publik dengan variabel pemoderasi insentif di kantor camat medan amplas kota medan. Genta Mulia, 15(1), 401–408.
Pioh2, A. W. O. N., & Undap, G. (2017). Profesionalisme Kerja Perangkat Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kleurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat. Ilmu Pemerintahan, 2.
Podungge, A. W., & Aneta, A. (2020). Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 55. https://doi.org/10.31314/pjia.9.1.55-65.2020
Ramadhan, G. (2018). Analisis Hubungan Profesionalisme Kerja Pegawai Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. Education Journal, 2(2).
Ambia, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat Kecamatan Medan Perjuangan. Publik Reform Undhar Medan, 1, 214–262.
Amin, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Pemerintahan. Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis.
Aminullah, A. (2018). Profesionalisme dan Kualitas Pelayanan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 87–103. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.49
Andriyani, Y. (2016). Profesionalisme kerja pegawai dalam penyelenggaraan administrasi pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Administrasi Negara, 4(1), 2320–2333.
Aria Mulyapradana, S.Psi., M., & Lazulfa, A. I. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT . BAM. Institusi Politeknik Ganseha Medan, 1, 14–24. https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/juripol/article/download/86/51
Ikbal, M., Syarifuddin, H., & Saifullah. (2019). Pengaruh Profesionalisme Kerja Aparat Terhadap Kualitas Kerja Di Kantor Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Moderat, 5(1), 16–31.
Maksum, M., Edward, E., & Indrawijaya, S. (2022). Pengaruh Profesionalisme Kerja , Karakteristik Pekerjaan dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Non Medis pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi. Ilmu Manajemen Terapan, 4(2), 151–162.
Marlianti, M. (2017). Studi Tentang Profesionalisme Aparatur Dalam Pelaksanaan Good Governance Di Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 155. https://doi.org/10.30872/jp.v2i1.350
Monintja, V. L., Sambiran, S., & Mantiri, M. S. (2008). Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Studi di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.
Panjaitan, R. S., Siregar, H. N., Dalimunte, N., Pembinaan, U., Indonesia, M., Kerja, L., & Kerja, S. (2024). Pengaruh profesionalisme kerja terhadap kualitas pelayanan publik dengan variabel pemoderasi insentif di kantor camat medan amplas kota medan. Genta Mulia, 15(1), 401–408.
Pioh2, A. W. O. N., & Undap, G. (2017). Profesionalisme Kerja Perangkat Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kleurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat. Ilmu Pemerintahan, 2.
Podungge, A. W., & Aneta, A. (2020). Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 55. https://doi.org/10.31314/pjia.9.1.55-65.2020
Ramadhan, G. (2018). Analisis Hubungan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Administrasi Publik, 1(15), 1–9.
Regita, S. B., & Izzatusholekha. (2025). Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Gunungsindur. Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 1.
Salam, Y. I., Syarif, A., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Bone. Ilmu Administrasi Negara, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia, 4(X).
Siroj, R. A., Afgani, W., Septaria, D., Zahira, G., Kuantitatif, P., Ilmiah, P., & Data, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 11279–11289.
Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 105–122. https://doi.org/10.33509/jan.v25i2.699
Titania, M. Y. (2023). Kualitas Dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah Di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 281–293. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4160
Ubaidillah, M. (2019). Pengaruh Tata Kelola Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Dengan Profesionalisme Sdm Dan Integritas Sebagai Variabel Intervening. JIFA (Journal of Islamic Finance and Accounting), 2(1), 15–27. https://doi.org/10.22515/jifa.v2i1.1590